rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Saturday, October 2, 2010

Cara Menulis Multiple Line di PHP

Pak Guru: Gimana sih cara anda menulis kalimat yang panjang atau multiple line di PHP?
Siswa: pake echo Pak...
Pak Guru: Ok, umumnya emang gitu. tapi gimana klo kondisinya gini?


$str = "contoh kalimat
multiple line
atau lebih dari satu baris";

Siswa: Error Pak?
Pak Guru: Trus gmn donk biar gk error? Da yang tau gak?
Siswa:&977^;*()_#!!$^*???<>...
Pak Guru: Ok, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan HEREDOC syntax. Contohnya


$str = <<<EOD 
contoh kalimat
multiple line
atau lebih dari satu baris
EOD;

atau

$nama = 'Rosi';
$main = 'Bola';
$buah = array('Apel', 'Jambu', 'Nanas', 'Pisang');
 
echo <<<EOT
Nama ku adalah "$nama". saya sedang bermain $main.
Sekarang, saya sedang memakan $buah[3].
ini akan mencetak huruf kapital 'A': \x41
EOT; 

jika dieksekusi output dari script di atas adalah:

Nama ku adalah Rosi. saya sedang bermain Bola.
Sekarang, saya sedang memakan Pisang.
ini akan mencetak huruf kapital 'A': A
 

Nah,kita juga bisa narsis-narsisan dikit dengan menggunakan nama kita sebagai sintak heredoc. contoh:

$bar = <<<ROSI
alow aku orang narsis!
 
ROSI;

Ngerti semua??
Siswa: ya...Pak!

  

No comments:

Post a Comment