rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Friday, October 1, 2010

Tugas Web Engineering I

1. Jelaskan tentang software engineering!
2. Jelaskan tentang Agile Software Development!
3. Jelaskan tentang Extreme Software Development!

Jawab

1. Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Menurut Fritz Badar, software engineering adalah disiplin ilmu yang menerapkan prinsip- prinsip engineering agar mendapatkan software yang ekonomis yang dapat dipercaya dan bekerja lebih efisien pada mesin yang sebenarnya.

2. Kata Agile berarti bersifat cepat, ringan, bebas bergerak, waspada. Konsep Agile Software Development dicetuskan oleh Kent Beck dan 16 rekannya. Dalam Agile Software Development interaksi dan personel lebih penting dari pada proses dan alat, software yang berfungsi lebih penting daripada dokumentasi yang lengkap, kolaborasi dengan klien lebih penting dari pada negosiasi kontrak, dan sikap tanggap terhadap perubahan lebih penting daripada mengikuti rencana.

Salah satu ciri dari Agile Software Development adalah tim yang tanggap terhadap perubahan. Mengapa? Karena perubahan adalah hal yang utama dalam pembangunan software: perubahan kebutuhan software, perubahan anggota tim, perubahan teknologi dll. Selain itu Agile Software Development juga melihat pentingnya komunikasi antara anggota tim, antara orang-orang teknis dan businessmen, antara developer dan managernya. Ciri lain adalah klien menjadi bagian dari tim pembangun software.

No comments:

Post a Comment